Contoh RPP Kurikulum 2013

Dibawah ini saya mencoba membuat RPP berdasarkan kurikulum 2013, semoga sesuai dengan apa yang diharapkan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : SMP
Kelas/Semester            : VIII/2
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Topik                            : Simple present tense
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit

A.     Kompetensi Inti

4.          Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar

4.7         Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.
2.      Menyusun teks lisan untuk menyatakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum.
3.      Menyusun teks tertulis untuk menyatakan tentang kebenaran tindakan/kejadian yang dilakukan secar rutin atau merupakan kebenaran umum.

D.     Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan memperhatikan pola kalimat, peserta didik dapat menyusun teks lisan untuk menyatakan tentang kebenaran tindakan/kejadian yang dilakukan secar rutin atau merupakan kebenaran umum.
2.      Dengan memperhatikan pola kalimat, peserta didik dapat menyusun teks tertulis untuk menyatakan tentang kebenaran tindakan/kejadian yang dilakukan secar rutin atau merupakan kebenaran umum.


E.     Materi Pembelajaran

Simple present tense:

Verbal:   Subjek (pronoun/noun) + verb bentuk pertama / asli (s/es)
Nominal: Subjek (pronoun/noun) + be (am, is, are) + (adjective, noun, pronoun, adverb).
F.     Model/Metode Pembelajaran

1.   Pendekatan: Scientific
2.   Strategi: observe – practice.
3.   Metode: Inquiry/Experiencial learning.


G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·        Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat senantiasa tercipta.
·        Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
·        Guru kemudian membuka kelas dengan memuji sang pencipta atas karunia yang telah diberikan dalam bahasa Inggris.


5 menit
Inti
Observing
·        Guru mengawali kelas dengan menanyakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh peserta didik setelah bangun pagi atau kebiasaan keluarga mereka tatkala pagi hari, seperti jam berapa biasanya ia bangun pagi, apa biasanya menu sarapan pagi dan lain sebagainya.
·        Guru menjelaskan bahwa kejadian yang rutin dilakukan dalam bahasa inggris menggunakan pola tertentu yang disebut dengan “simple present tense”.
·        Guru menjelaskan pembagian “simple present tense” yakni nominal dan verbal dan menjelaskan perbedaan antara keduanya.
·        Guru kemudian menjelaskan pola verbal “simple present tense” dengan menekankan perhatian pada penambahan s/es di kata kerja terhadap pelaku yang berupa orang ketiga tunggal (she/he/it).
·        Oleh karena itu, diperkenalkan juga beberapa kata kerja (verb) yang diakhiri oleh -s seperti stops, understands, picks dan kata yang diakhiri oleh –es seperti studies, goes, attaches.
·        Guru menjelaskan pola selanjutnya, yakni pola nominal dengan menekankan pada kesesuaian antara pelaku dengan kata kerja bantu yang dipakai, (I = am), (She, he, it = is) dan (you, they, we = are).
·        Memberikan beberapa contoh yang benar dan yang salah berkaitan dengan penggunaan simple present tense nominal dan verbal.

Communicating
·        Guru memperkenalkan “snake and ladder” game dan kemudian menjelaskan aturan-aturan permainannya kemudian meminta siswa untuk memainkannya secara berkelompok.
·        Setelah permainan selesai, guru meminta siswa untuk menjelaskan kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dalam memformulasikan kalimat-kalimat “simple present tense”.
·        Untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa mengenai “simple present tense”, maka guru meminta siswa secara berkelompok menyusun kata sesuai dengan perintah yang telah diberikan oleh guru.
·        Meminta siswa membacakan kata yang telah disusun dengan pelafalan yang bagus.

Experimenting
·        Guru menjelaskan bahwa tidak hanya kegiatan yang berulang-ulang yang memakai simple present tense tetapi juga kebenaran umum.
·        Guru kemudian meminta siswa untuk menandai yang mana saja berupa kejadian umum pada pernyataan yang diberikan melalui true/false question.
·        Siswa diberikan dialog berkaitan dengan simple present tense dan diperagakan oleh siswa secara berpasangan.
·        Untuk menguji pemahaman, siswa diminta untuk membuat 5 kalimat berkaitan dengan kebiasaannya serta 5 kalimat yang berkaitan dengan kebenaran umum manggunakan simple present tense.
20 menit
















45 menit

Penutup
·       Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (refleksi)
·       Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang “Simple present tense
·       Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
·       Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
10 menit



     

 H.Sumber/Media Pembelajaran
1.   Sumber: Buku Paket Siswa
2.   Media: White board, board marker, Snake & Ladder, dadu, dan answer sheet.

I.       Penilaian

1.      Penilaian dan Aspek Pengetahuan (knowledge)

a. Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu rnakna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu rnakna
 2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna
 1 = Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1= Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan schingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat


2.      Penilalan dan Segi Sikap (attitude)

a. Rasa hormat (respect)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak lujur
c. Peduli (care)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 = Tidak pernah menunukkan sikap tidak berani
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak herani
2 = Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi balk (communicative)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak koinunikatif
4 = Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. PeduIi sosial (social awareness)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
I = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 = Tidak pernah nwnunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu

3. Penilaian dan segi tingkah laku (action)

a. Kerja sama (team work)
5 = Selalu bekerja sama
4 = Sering bekerja sama
3 = Beberapa kali melakukan kerja sama
2 = Pernah bekerja sama
1 = Tidak pernah bekerja sama
b. Melakukan tindak komunikasi yang tepat (communicative action)
5 = Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa kali melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = Tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat