Urgensi ulumul qur'an

Ulumul Quran berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata yaitu “ulum” dan“quran”. Ulum bentuk jamak dari kata “ ilm” yang berarti ilmu-ilmu, sedangkan Al Quran adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai pedoman hidup manusia. Jadi, Ulumul Quran adalah ilmu-ilmu yang membahas tentang AlQuran. Menurut Al Zarqani Ulumul Quran adalah pembahasan-pembahasan yang berkaitan dengan Al Quran dari segi urutan-urutannya, pengumpulannya, penulisannya, bacaannya, penafsirannya, kemukjizatannya, nasikh mansukhnya serta penolakan terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan keraguan terhadap Al Quran. Definisi yang bervarian tentang Ulumul Quran disebabkan oleh kajian yang berasal dari berbagai sudut pandang.
Latar Belakang Munculnya Ulumul Quran
Sebenarnya Ulumul Qur’an itu sendiri bermula dari Rasulullah SAW, tetapi saat itu Rasulullah S.A.W tidak mengizinkan mereka menuliskan sesuatu dari dia selain Qur’an, karena ia khawatir Qur’an akan tercampur dengan yang lain. “ Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id al-khudri, bahwa Rasulullah S.A.W berkata :“Janganlah kamu tulis dari aku; barang siapa yang menuliskan
dari aku selain Qur’an, hendaklah dihapus. Dan ceritakan apa
yang dariku; dan itu tiada halangan baginya. Dan barang siapa
yang sengaja berdusta atas namaku, ia akan menempati tempatnya
di api neraka.”
Maksud dan Tujuan Ulumul Quran
Tujuan Ulumul Quran adalah sebagai alat di dalam memahami Al Quran sehingga melahirkan sebuah pemahaman yang sesuai dengan keinginan Allah.

Selain itu maksud dan tujuan mempelajari UlumulQuran yakni, untuk mengetahui persyaratan-persyaratan dalam menafsirkan Al-Qur’an, untuk memahami kalam Allah SWT , sejalan daengan keterangan dan penjelasan dari Rasulullah SAW , serta sejalan pula dengan keterangan yang dikutip oleh para sahabat dan Thabi’in tentang interpretasi mereka perihal Al-Qur’an, dan yang terakhir yaitu agar mengetahui ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan dalam mempelajari ulumul Qur’an.
Materi Kajian Ululmul Quran
1. Ilmu Mawathin al-nuzul
2. Ilmu Tawarikh al-nuzul
3. mu Asbab al-nuzul
4. Ilmu Qira’at
5. Ilmu tajwid.
6. Ilmu Gharib al-qur’an
7. lmu I’rabil qur’an
8. Ilmu Ma’rifat al-muhkam wa al-mutasyabih
9. Ilmu Al-Nasikh wa al-Mansukh
10. Ilmu Bada’I al-qur’an
11. Ilmu I’daz al-qur’an
12. Ilmu Tanasub ayat al-qur’an
13. Ilmu Amtsal al-qur’an.
14. lmu Jidal al-qur’an
15. Ilmu Adab al-tilawah al-qur’anan.