KUMPULAN TUGAS TARBIYAH, BAHASA INGGRIS DAN FILE PRIBADI

Assalamu Alaikum dan Selamat Datang…!.

KUMPULAN TUGAS TARBIYAH, BAHASA INGGRIS DAN FILE PRIBADI

Jika ada yang merasa filenya tercopy paste atau materi tidak sesuai, saya dengan penuh hormat meminta maaf.

KUMPULAN TUGAS TARBIYAH, BAHASA INGGRIS DAN FILE PRIBADI

Silahkan Melihat-lihat barangkali saja ada yang menarik, hehehegg….

KUMPULAN TUGAS TARBIYAH, BAHASA INGGRIS DAN FILE PRIBADI

Anda sedang mencari tugas mengenai tugas tarbiyah? Mungkin ini bisa membantu….

KUMPULAN TUGAS TARBIYAH, BAHASA INGGRIS DAN FILE PRIBADI

Kritik dan saran bisa anda kirimkan ke https://plus.google.com/+MarconiKamal/posts atau fadilmarco@yahoo.com .

Semantik


Sebagai suatu unsur yang dinamik, bahasa sentiasa dianalisis dan dikaji dengan menggunakan perbagai pendekatan untuk mengkajinya. Antara lain pendekatan yang dapat digunakan untuk mengkaji bahasa ialah pendekatan makna atau yang disebut semantik. Semantic didalam buku John Lyons (1977) dikatakan bahwa semantic itu adalah “the meaning of meaning” atau pengertian dari sebuah arti.
Pemahaman mengenai makna adalah hal yang urgen bagi para pelajar bahasa khususnya pelajar bahasa Inggris. Ada banyak sekali kata hingga kalimat didalam bahasa Inggris yang bila tidak dianalisis secara semantic maka akan berbeda pemaknaannya. Contohnya kata “under skin” yang jika diartikan secara tekstual maka akan bermakna “di bawah kulit” tetapi yang dimaksud sebenarnya adalah “menyakitkan hati”. Hal inilah yang banyak menimbulkan misintrepetasi dibanyak pelajar bahasa. Permasalahan ini juga dialami oleh banyak pelajar bahasa Inggris di STAIN Parepare.
Banyak diantara pelajar yang cenderung mengartikan bahasa dari segi tekstualnya saja tanpa memperhatikan segi kontekstual seperti unsur psikologi, situasional dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kita memperjelas mengenai hal ini. Dalam makalah ini, akan dibahas mengenai apa yang disebut mengenai semantic dan hal-hal yang berhubungan erat dengan apa yang disebut pemaknaan bahasa.
Semantik dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Inggris semantics, dari bahasa Yunani Sema (Nomina) ‘tanda’: atau dari verba samaino ‘menandai’, ‘berarti’. Istilah tersebut digunakan oleh para ahli bahasa untuk menyebut bagian ilmu bahasa yang mempelajari tentang makna. Di mana semantik merupakan bagian dari tiga tataran bahasa yang meliputi fonologi, tata bahasa (morfologi-sintaksis) dan semantik.
Menurut ahli bahasa yakni Ferdinan de Saussure (1966), tanda lingustik terdiri dari beberapa komponen yang terdiri di antaranya :
    a)     Komponen yang menggantikan, yang berwujud bunyi bahasa.
   b)     Komponen yang diartikan atau makna dari komponen pertama.
Maka dari kedua pernyataan komponen yaitu tanda atau lambang, dan sedangkan yang ditandai atau dilambangkan adaah sesuatu yang berada di luar bahasa, atau yang lazim disebut sebagai referent/ acuan / hal yang ditunjuk.
Maka dapat disimpulkan bahwa ilmu semantik yaitu ilmu yang mempelajari tentang hubungan makna atau arti dalam suatu kata yang digunakan dalam pembicaraan keseharian.
    Kata dan hubungannya
Kata berhubungan dengan bahasa dan filosofi, di mana semua orang dapat mengerti tapi biasanya akan terdapata kesulitan dalam memahaminya. Karena ini biasanya terdapat eksistensi kata merujuk pada definisi dari apa makna dari kata tersebut.
Sebagai contohnya; pemegang buku dan macis api kayu. Meskipun kita tahu bahwa untuk memberi makna terhadap kata tersebut. Terlebih dahulu yang harus diperhatikan yakni  mengartikan kata buku dan juga maknanya sesuai dengan makna yang sebenarnya. Namun   akan terdapat kesulitan karena pada dasarnya untuk memberikan makna, ini karena harus berdasarkan pada intuisi dari perubahan makna tersebut.
Meskipun secara spesifik perubahan yang ditimbulkan dari arti kata mengikut pengertiannya kadang memberikan kesalahfahaman terhadap kata yang digunakan. Akan tetapi ketika dengan komunikasi yang jelas dengan menggunakan bunyi dan tanda pada kata tersebut, maka tidak akan ada permasalahn dalam komunikasi karena akan mudah untuk difahami. Ini karena  ketika seseorang itu mampu memahami dan mengetahui tentang semantik. Selain itu juga, seseorang itu akan mampu mengatasi kesalahfahaan ketika dalam konunikasi karena ia memiliki ide dari kata yang dihasilkannya
Misalkan, pengucapan pada kata matahari dan anak. Dari kedua kata tersebut, kita dapat melihat beberapa perbedaan yakni dari segi makna tapi dalam  penyebutannya sama. Maka dari kata tersebut, dapat dilihat hubungan yang di sebut dengan “homophony”.
Selain dari hubungan tersebut, terdapat juga hubungan lain mengenai kata yakni synonim. Di mana kata sama dalam penyebutannya tapi dalam pemaknaan ia berbeda. Sebagai contohnya; sedikit dan kecil yang biasanya dalam pembicaraan itu mengalami kesalahfahaman di antara pembicara ketika menggunakan kata sedikit dan kecil. Akan tetapi, ketika pembicara mengutarakan apa yang mereka katakan pada orang lain, maka ia akan dapat membedakannya sehingga dapat dikatakan synonim karena memiliki makna yang berbeda-beda.
Sehubungan dari itu juga, hubungan kata jugak dapat dilihat dari kata antonym yakni perbedaan pada makna kata. Ini karena, banyak kata berlawanan yang berpasangan dalam pemaknaan. Sebagai contohnya dalam antonym, panas dan sejuk, hangat dan sejuk. Masing-masing mempunyai perbedaan. Namun, antonym mempunyai ciri yang bertentangan yang tidak hanya dari pengelompokan dari kata antonym. Tapi antonym juga memiliki pengelompokan kata yang saling berkaitan erat misalkan ‘kata penjual dan pembeli’ yang memiliki hubungan yang sangat erat.
Synonim dan antonim dapat dilihat dari kasus yang berbeda. Contohnya banyak kelopok kata seperti  golf, pukulan, alat pukul, hubungan yang sangat dekat. Selain itu juga, kelompokkan kata yang sangat jelas yaitu dapat dilihat dari pengelompokan warna seperti merah, kuning hijau dan biru. Sebagaimana setiap hubungan semua kata-kata membutuhkan karakteristik yang lengkap dalam sebuah pembelajaran tentang makna.
    B.    Kamus dan kosa kata
Kamus tidak memberi makna dari kata. Kamus hanya memberikan contoh pada setiap menggunaannya. Dalam kamus moderen. Umumnya tidak menetapkan, memilih kata dan juga menentukan maknanya. Sehingga kalimat yang dikatakan akan mengikut sastra bahasa. Sehingga kalimat yang telah ada bertujuan untuk menyimpulkan makna.
Pada dasarnya, kamus dan kosa kata, meliputi perbedaan dari segi sejarah bahasa. Yakni persamaan (synonym) dan contoh kalimat. Dapat dilihat dari penggunaan  percakapan keseharian, atau kata lain. Kosa kata (lexicon) disusun melalui isi makna atau isi ejaan. Lexicon mempunyai hubungan yang logik mengikut item. Contohnya, kata kerja membeli memerlukan 4 kata kerja yang berhubungan yakni, pembeli, penjual, sesuatu yang bagus dibeli serta duit digunakan untuk membeli. Akhrinya lexicon terdapat menggunakan affix, dan idioms yang terdapat dalam kamus.
Sebagai contohnya dalam penggunaan affix yakni suffix dan free-fix. Di mana menmbahkan inbuhan pada kata yang bisa mengubah makna dari kata yang terdapat imbuhan.
                        Be-lajar    
Penambahan pada Pe/Be dapat membedakan makna dari kata tersebut yang merupakan imbuhan dari fee-fix. Sedangkan imbuhan pada suffix yakni:

Mother            Mothered
Di mana kata ibu menjadi keibuan karena terdapat suffix. Di mana kata mother di tambahkan imbuhan ed pada akhir kata sehingga maknanya berubah. Sedangkan ketika kata di tambahkan suffix dan free-fix akan terdapat dua makna yakni:

Hilang                          Kehilangan
Kata hilang yang menandakan barangnya telah hilang entah di mana ia letakkan sedangkan ketika terdapat suffix dan free-fix ia menandakan ia telah kehilangan sesuatu yang telah di ambil oleh orang lain (dicuri).
     C.    Makna dalam kalimat
Makna kata sangat berhubungan dengan kalimat. Dan yang lebih penting dalam hubungannya dapat dilihat dari beberapa point antaranya; perkiraan. Bertanggungjawab, penyangkalan, susunan, keganjilan dan persamaan.
Perkiraan adalah merujuk pada suatu situasi yang dapat ditemukan dalam makna kalimat. Sebagai contohnya, john menyalahkan mary melakukan itu. Dapat dilihat dari kalimat tersebut bahwa kata menyalahkan itu adalah anak kalimat yang yang merujuk pada sifat yang kurang senang terhadap apa yang telah terjadi atau kata perkiraan.
Kata berhubungan dapat dikatakan sebagai makna dari satu kalimat itu terdapat dalam kalimat lain. Dalam kata lain, kalimat kedua itu mengikut kalimat pertama. Akan tetapi jika kata penyangkalan itu adalah jika kalimat pertama benar maka  kalimat keda akan salah dan juda todak memiliki pemikiran yang logis dari kalimat pertama.
Sebagai contohnya; wilkims tidak ingin menjual kebunnya dan wilkims berharap dia menjual kebunnya. Dapat dilihat dari kalimat pertama ia memiliki kata penyangkalan.
Namun dalam memberikan makna terhadap suatu kalimat akan terdapat kesulitan lain dalam menganalisis makna. Ini karena adanya kenyataan bahwa tidak selalu penanda dan referent-nya memiliki hubungan satu lawan satu. Yang artinya, setiap tandalingustik tidak selalu hanya memiliki satu makna.
Kadang satu tanda lingustik memiliki dua acuan atau lebih. Dan sebaliknya, dua tanda lingustik, dapat memiliki satu acuan yang sama. Hubungan tersebut dapat digambarkan dengan contoh-contoh berikut :

Bisa                  Racun
Dapat

Buku               Lembar kertas berjilid
Kitab

a   Komponen makna
Menurut Katz dan Fodor, komponen makna terdapat dua bagian yakni; kamus dan ketentuan pembentukan. Kamus menjelaskan tentang keterangan jenis kata  dan juga keterangan mengenai makna tentang perbedaan makna menurut lexical. Sebagai contoh, pada figure 12-1. Di mana Katz dan Fodor menjelaskan karakteristik sarjana muda (kata benda) pada konsep makna sehingga makna dapat ditafsirkan sebagai makna ganda, ganjil di mana mempunyai hubungan dalm mencari makna.

Ketentuan pengelompokan yakni dilihat pada aspek perbedaan makna bahasa yang bisa digabungkan mengikut kategori bahasa sehingga dapat menghasilkan makna kalimat. Misalkan, lelaki itu memukul bola yang berwarna. Maka ketentuan pengelompokan akan memastikan berwarna itu keterangan dari bola yang di pukul. Sehingga ketentuan pengelompokan kata akan merubah kata berwarna itu menjadi warna tersendiri yang lebih mudah dikenali misalkan, merah, kuning, hijau dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya maka pada figure 12-2 ( anjing itu menggigit tulang)
    a)     Teory
Chomsky (1971) mengatakan bahwa tatabahasa adalah relevan pada interpresion makna.di mana dua menduga dan fokus. Fokus merupakan merujuk pada pembicara dan pendengar. Yang merujuk pada nada suara ketika berbicara. Seperti kalimat tersebut;
*      Mary meninggalkan bukunya di ata meja
*      Mary meninggalkan bukunya di ata meja
Dari intonasi tersebut sudah tentu akan menghasilkan makna yang berbeda di antara kalimat. Pada kalimat pertama pendengar akan menduga mary’s meninggalkan bukunya dan pembicara mengatakn dia meletakkan bukunya di atas meja bukan di atas kursi. Ini fokus pada informasi yang ditanyakan pada pendengar. Sedangkan pada kalimat kedua, mary meninggalkan sesuatu di atas meja, dan pembicara mengatakan dia meninggalkan buku bukan surat kabar atau pen. Dalam kata lain, nada suara adalah megubah makna.


Listening Assessment



Listening is more than merely hearing words. Listening is an active process by which students receive, construct meaning from, and respond to spoken and or nonverbal messages (Emmert, 1994). As such, it forms an integral part of the communication process and should not be separated from the other language arts. Listening comprehension complements reading comprehension. Verbally clarifying the spoken message before, during, and after a presentation enhances listening comprehension. Writing, in turn, clarifies and documents the spoken message.
Teacher may use several listening tests to check comprehension, evaluate listening skills and use of listening strategies, and extend the knowledge gained to other contexts such as predicting; may expand on the topic or the language of the listening text; or may transfer what has been learned to reading, speaking, or writing activities.
Furthermore, several activities or types of test and assessment will be discussed more in this paper in emphasizing how teacher assess’ students’ listening comprehension with paper entitled “Listening Assessment”.
1) Listening nature
Greatest significance to foreign language teachers because it:
It offers the most natural form of input
It is a highly valuable skill in its own right
It is a prerequisite of meaningful speaking and authentic interaction
In order to identify the techniques of testing listening comprehension we have to understand:
Types of listening function of intonation, rate of delivery, stress, rhythm:
Short, impersonal material: announcements in airports, train stations, information about office hours, the weather.
Longer impersonal material: lectures, reports, presentations
Interpersonal interchanges: conversations, greetings, invitations, compliments, eavesdropping.
Aesthetic and entertainment functions: songs, poems, movies.
Instructional functions: orders, dictations, true and false tests, fill-in exercises
2) Listening assessment procedures and tests
Procedure in assessing listening can be drawn in its taxonomy of listening task:
Doing – the testee responds physically to a command.
Choosing – the testee selects from alternatives or pictures, objects, texts.
Transferring – the testee draws a picture of what is heard.
Answering – the testee answers questions about a message.
Extending – the testee provides an ending to a story heard.
Duplication – the testee translates the message into the native language or repeats it verbally.
Modeling – the testee may order, for example, a meal after listening to a model order.
Conversing – the testee engages in a conversation that indicates appropriate processing of information.
There is a variety of ways to test the listening comprehension of students. It then examines the appropriate-response technique, and it concludes with the test of extended communication.
  Limited Response
Limited response consists of three simple effective ways to test the listening skill beginning for adult or children. One involves listening and interactive response. Another uses listening and pictures.  The last involves listening and simple talk response.
  Interactive response
Using an interesting little quiz is one of its characteristic. For instance, Interactive response can be used by using true or false options in a question. “T” regarding to true and “F” refers to false. In class, for example, students are asked to listen a following dialogue/statement and to consider whether the dialogue is true or not. Example:
Listening materials:
Several statements in an audio CD or read by teacher:
1. Pink is favorite color for men
2. Men is wearing blues
3. Lipstick is one type of cosmetic
Students’ worksheet:
Listen what the speaker says, consider those statements are true or false and please give marks () for the right statement.
Number of 
Statement
True/False
1 (T)/(F)
2 (T)/(F)
3 (T)/(F)
  Picture Cues
Visual of various kinds have long been used to test listening comprehension. When using a set of three or four related pictures, keep these ideas in mind; there does not have to be a story line relating pictures to each other. The same set can be used for several questions. It’s important to give them the duplicate so each students has his own, or making a transparency and using an Overhead Projector (OHP) to display them in the class. 
  Ask response
One way to test students’ listening comprehension is trough asking their response. When testing, students do various things to show how well they understand.
Example:
“Stand up please. And then walk to the door. After that you do this, turn on the light. Then before you sit down, put the small book here on the top shelf.”
The other activity of asking response can be done by drawing task and giving a person map.
  Advantages and limitations of Limited response
  Advantages
  This is suitable for persons not able to read and write in the target language.
  This involves flexible techniques: some are interesting to children, and several techniques are useful for young people and adults with intermediate to advanced skills.
  The questions are generally quite easy to prepare.
  Limited-response items are generally rather objectives as well as quick and easy to score.
  Limitations.
  Suitable picture for picture-cue items are not always easy to find.
  Equipment (such as OHP, Printer or other machine) is usually needed to reproduce drawings for certain task-response and picture-cue items.
  Multiple-choice appropriate response
There are three guidelines to keep mind when preparing multiple-choice appropriate response items to test listening comprehension: focus on meaning, keep the options simple; and learn to adjust the difficulty of the items.
Example:
In audio cassette, we may hear:
(When Lina leaves, they’ll hire you, won’t they?)
A. Yes, you will B. Yes, he is leaving C. Yes, they will.
The correct reply is “C”, notice that students have to response an understanding both of appropriate meaning and grammar.
Advantages:
  It’s fast and easy to correct.
  It can be scored consistently and reliably.
  It’s an integrative, communicative measure of listening.
Limitations:
  It’s more difficult to prepare than tests for beginners.
  Cheating is fairly easy, unless alternate forms used.
  Since the reading of multiple-choice options is required, students need literate in English.
  Testing extended communication
Based on survey, listening tests would not be complete without look at the exams of extended oral communication. This type is used for listening short lecture contexts, social/business context and real life situations dialogue. 
Example:
A: Check in here?
B: yes, can I see your ticket please?
A: here it is. I’m going to L.A 
B: nonsmoking. And can I get an aisle seat?
A: all right. That’s 8-D. Put your bag on the scale, please.
B: sure.
Here are some typical questions:
What is costumer doing?
A. Buying an airplane ticket.
B. Checking in at an airline terminal )*
C. Checking on someone’s flight.
Or, can be applied in open-ended response:
What is costumer doing? _________________________
Advantages:
  These closely approximately real-life communication.
  These are fast and easy to correct.
  These can be scored consistently and reliably.
Limitations:
  There is a need for students to be able to read English.
  It’s rather difficult to find or prepare natural-sounding listening passages.
  There is possibility of students cheating on the tests.
3) Types of Listening Assessment
Listening is one of the more difficult aspects of the language arts to assess. It cannot be easily observed and can be measured only through inference. However, there are both informal and formal strategies and instruments that teachers can use to help them in their assessments.
  Informal Assessment
The most effective assessment of listening may be teachers' observations and students' self-assessments. Students initially may not be aware of how well they listen and, therefore, need teacher guidance. Self-assessments of students should be followed with one-on-one discussions about student progress. Teachers can also videotape students while they are listening and follow up with discussion.
  Sample Self-assessment List for Listening
Give mark () for the appropriate column: 
It’s a questionnaire to know how students learn to listen: 


Sample Listening Behavior Check List for teacher
Give mark () for the appropriate column:
Name of Student: Date Observed
Listening behavior and habits
 (Devine, 1982, p.50.)
  Formal Assessment
More formal listening assessments can be prepared by teachers based on objectives and perceived needs. Some examples follow.
  Excerpts from different genres of literature (e.g., prose, poetry, play) can be used as follows:
  Prepare a set of ten questions on the excerpt.
  Set a purpose for the listening activity 
(e.g., "Listen to determine the setting of the following passage.").
  Have students listen to the excerpt (pre-taped or teacher-read).
  Have students respond in writing to the prepared questions.
  A score of 70% or better on basic recall and basic inferential questions indicates that the student has comprehended the passage.
Questions can also be designed to determine if students comprehend critically and creatively.
  Students can paraphrase, summarize, analyze, make notes, complete a listening guide, or write a response to a spoken or multimedia presentation. The assessment tasks can be as simple as listing significant ideas and arguments, answering a series of questions, or identifying connotative meanings of key words. They can be as challenging as formulating their own questions; identifying irrelevant details; identifying fallacies, bias, or prejudice; using the information presented and applying it to a new situation; or judging the effects of various devices the speaker may use to influence the listener or viewer.
  Devine (1982) gives examples of other types of listening assessments.
  After placing ten details on the chalkboard, the teacher reads a ten-minute story aloud. After listening to the story, students are asked to jot down the four or five details that are most important to the outcome. The responses provide insights into students' listening ability.
  Students listen to a story and, afterwards, write down three key qualities of the character and their reasons for selecting these. While listening to the story a second time, the students listen for and record details that prove their assertions about the character.
Even though listening is a difficult language strand to evaluate, assessment must take place to validate its place in a curriculum and to provide feedback to students. The feedback should be specific, concise, and as meaningful as possible. As with all evaluation, it needs to be continuous.
4) Scoring the Listening Test
Tests may be classified into non- productive exercises (only listening is involved; it is objective) and productive (integrated with other skills e.g. writing or speaking; it is subjective).
Non-productive listening tests
• Multiple-choice questions
• True-false questions
• Multiple-choice cloze
• Matching
• Sequencing
• Information transfer
Productive listening tests
• Open-ended questions
• True-false (false items to be corrected by the testee)
• Listening cloze
• Summarize
• Note taking
• Completion tasks
• Dictation
Non-productive tests can be scored objectively. Cloze, dictation, gap-filling can be scored semi-objectively. For reasons of practicality and reliability, these tasks should be selected. For reasons of wash back, productive tasks are recommended.
Rating Scale for testing listening
8. Handles all general listening operations; shows confidence, competence similar to those in his/ her native language, able to compensate for difficulties.
7. similar to nine, low repetition, repairs, adjusts listening strategies for purpose.
6. Extracts the majority of messages with minor loss of details, few corrections.
5. Handle moderately listening operations; extract most of the message; need for repetition.
4. Loss of detail, little grasp of subtlety, frequent need of repetition, and difficulties in handling input at normal speed.
3. Only the gist of the message, need for repetition, and difficulties in handling input at normal speed, no compensation for errors.
2. Comprehension of isolated points, dependent on repetition, a narrow range of language.
1. Little confidence, comprehends only basic messages, unable to compensate.
(Dumitru DOROBÄ‚Å¢, 2007)



Vocabulary For Everyday List

“How’s tricks?”, “How are things?, “Watcha!”, “What’s up?”
apa kabar?

“haven’t seen you for ages”, “great to see you again”
lama tak jumpa. Senang berjumpa lagi.

You can mix your English with bahasa
Kau dapat mencampur bahasa inggrismu dengan bahasa Indonesia

aco’ speaks in english, indonesia, and arabic as well
aco’ berbicara dalam bahasa inggris, bahasa arab dan juga bahasa prancis.

That’s all
Cukup sekian

I’m leavin’
Saya duluan

Don’t bother yourself!
Jangan repot-repot!

How much do I owe you?
Berapa banyak piutang yang kau butuhkan?

I will pay my debt
Saya akan membayar hutangku.

Have a chit chat
Berbincang-bincang

Enough is enough!
Cukup sudah! Saya tidak tahan lagi

Listen up!
Dengarkan!

Stay away
Jangan mendekat!

Keep away
Menjauh

What’s that all about?
Apa maksudnya semua itu?

What did you do?
Apa yang baru saja kau lakukan?

What did he want?
Apa sih maunya?

Tell me truth!
Beritahu yg sejujurnya!

Do you think that will happen?
Kamu fikir itu bakal kejadian?

Calm down
Tenang

Promise, not tell anyone
Janji, jangan bilang siapa-siapa

Sounds a great idea!
Kedengarannya ide menarik!

Is she ill?
Apa dia sakit?

Where is the place to dry the clothes?
Dimana saya bisa menjemur pakaian?

Since a while ago, I’ve been looking for you.
Dari tadi saya mencarimu.

I think so.
Kupikir juga begitu.

Hold on / just a minute / later on / wait a moment
Tunggu sebentar

Prepare your stuff
Siapkan barang-barangmu

I don’t know at all
Saya tidak tahu sama sekali.

Please come and see me sometime
Datanglah berkunjung kapan-kapan

Don’t pretending to be sick
Jangan pura-pura sakit

I love to see the way you spoken
Kusuka gayamu bicara

The food tastes delicious
Makanannya enak

How poor you are!
Kasihan deh loe!

Let it be
Biarkan saja

Why should I care?
Peduli amat.

Search me!
Mana ku tahu

I’m all in
Saya sangat capek.

Do or die
Bekerja keras.

Why do you say that?
Kenapa kamu bilang begitu?

The more the better
Lebih banyak lebih baik

Do you think they will?
Kamu pikir mereka dapat?

What is it really?
Benarkah itu?

Did you enjoy it?
Nyamankah?

Out sight, near by heart.
Jauh di mata, dekat di hati.

How can they do that?
Bagaimana mereka melakukannya?

What was the point of that?
Apa maksudnya itu?

Could you do me a favour?
Bisa minta tolong?

Look’s great!
Kelihatannya menarik!

What time shall we meet?
Jam berapa kita dapat bertemu?

Here you are!
Ini punyamu!

Something to do with money.
Ada hubungannya dengan uang.

Is this seat taken?
Adakah yang duduk di kursi ini?

Of course, I have!
Tentu saja aku punya!

I would if I could
Saya akan jika saya bisa.

Formally yes, but I think now is not.
Biasanya sih iya, tapi sekarang kupikir tidak.

I have no idea / I lost my head.
Saya tidak punya pendapat.

Out of my mind
Itu diluar jangkauan pikiran saya.

You are not the only one.
Kau bukan satu-satunya.

Who are writing to?
Kepada siapa surat itu?

I wish I had your skill.
Ku harap bisa pintar sepertimu.

Thanks in advance.
Terimakasih sebelumnya.

Why is that?
Kenapa bisa begitu?

You are so talented.
Kamu sangat berbakat.

My tooth brush is worn out
Sikat gigiku rusak.

From my point of view / for my money / for my book.
Menurut pendapat saya.

Have you got any comments on?
Sudah adakah pendapatmu?

You only have to ask.
Kamu hanya perlu bertanya.

I’m on the phone.
Saya sedang menelpon.

It can’t be denied.
Tidak dapat disangkal.

Don’t be offended!
Jangan tersinggung.

That’s why
Oleh sebab itu

What native are you?
Kau berasal dari mana?

As matter as fact
Sebenarnya.

as usual / as always
seperti biasa

put off
menunda

turn on
menyalakan

arm in arm
bergandengan (tangan)

on purpose
sengaja

keep dark
merahasiakan

by the way
ngomong-ngomong

keep dark
merahasiakan

just about
hampir saja

nice to hear your opinion
senang mendengar pendapatmu.

Let it hang out.
Katakan sejujurnya.

I wish you be more critically.
Saya harap kamu bisa lebih kritis.

In other words
Dengan kata lain

In other hand
Di lain pihak

In order to
Agar supaya

For instance,
Sebagai contohnya,

Please, don’t hesitate
Tolong, jangan ragu-ragu

Don’t take offence
Jangan marah

Don’t be partial!
Jangan pilih kasih!

Be honest please!
Jujurlah!

Don’t play around with me
Jangan macam-macam padaku!

Don’t fuck with me
Jangan macam-macam padaku

You are too free with me
Kamu terlalu lancang padaku

You are still blue
Kamu masih ingusan

It’s none of your business
Itu bukan urusanmu

Pizza face
Muka jerawatan

Don’t be just a bag of wind
Jangan hanya membual saja

Where was i?
Sampai dimana tadi? (pembicaraan)

Don’t ever miss tomorrow
Jangan pernah ketinggalan zaman

Don’t think that way!
Jangan berfikir kearah sana

It’s beyond my expectation
Itu diluar dugaan saya

Do proper thing!
Yang wajar-wajar sajalah!

Don’t be up and down
Jangan mondar-mandir

Sorry no bargain, no cooperation!
Maaf, tidak ada tawar menawar. Tidak ada kerjasama

Don’t be a patchy!
Jangan acuh tak acuh!

What do you base your facts on?
Apa landasanmu? (diskusi)

You don’t need to scream at me
Kamu tidak perlu berteriak padaku.

You pay the price
Kamu kena batunya

Whose side are you on?
Kamu memihak kepada siapa?

Now and on
Sekarang dan seterusnya

Now and then
Sekarang dan selanjutnya

You look important
Kamu seperti orang penting saja!

It doesn’t add up
Itu tidak ada artinya!

Don’t answer me back!
Jangan bantah saya!

To the best of my memory
Sepanjang pengetahuan saya

Cut off the laughing!
Berhentilah tertawa!

I nearly forgot
Saya hampir lupa

Address yourself
Pusatkan perhatianmu

You shouldn’t say thing like that!
Kamu tidak seharusnya berkata seperti itu!

What the telling is going here?
Apa-apaan ini?

To exchange opinion
Bertukar pendapat

What have you all been talking about?
Apa yang kalian semua baru bicarakan?

What’s on your mind?
Apa yang sedang kamu pikirkan?

Nothing special
Biasa-biasa saja

Stop complaining
Berhentilah mengeluh

Don’t push your luck!
Jangan macam-macam!

Who do you think you are talking too?
Kamu fikir bicara dengan siapa?

Don’t be so cocky
Jangan ke-GR-an

Who do you think you are?
Kamu fikir kau siapa?

As a result
Sebagai akibatnya

After you
Silahkan duluan

Body and mind
Jiwa dan raga

Press agent
Juru bicara

dish out
membagikan

look out
hati-hati/awas/waspada

cross out
mencoret

point out
menunjukkan

break out
menyebar secara luas dan tiba-tiba

give a hand
menolong/membantu

good at
mahir/bagus dalam …

face to face
berhadapan

run after
mengejar

keep in touch
tetap berhubungan atau berkomunikasi

playing with fire
memainkan sesuatu yang berbahaya

a walk in the park
 pekerjaan yang sangat mudah (seperti berjalan-jalan di taman).

achilles’ heel
titik lemah seseorang (achilles adalah tokoh legenda yunani yang kebal senjata kecuali di bagian lututnya).

bark up the wrong tree
 marah/mengomel/memberi saran/berbicara/meminta kepada orang yang salah.

bed of roses
 sesuatu yang mewah dan menyenangkan.

better safe than sorry
 lebih baik bersiap-siap daripada menyesal (sedia payung sebelum hujan).

blessing in disguise
 berkah yang tersembunyi (semua hal ada hikmahnya).

breaking the ice
 memecah ketegangan.

call it a day
 break atau istirahat sejenak (sampai hari ini berakhir) dari suatu pekerjaan.

Enlarge our sight
Memperluas wawasan kita

Any idea who?
Kira-kira siapa yah?

I’m put any out over
Saya jengkel

What’s the trouble?
Apa susahnya sich?

Very truly yours
Salam hormat kami

Do think before doing
Berfikir sebelum bertindak

It can’t be helped
Apa boleh buat.

Shut up like a calm
Diam seribu bahasa.

Progress of events
Rangkaian peristiwa.

For the sake of argument
Sebagai penjelasan

Ever so little
Sedikit sekali

Come on, don’t do that!
Ayolah, jangan begitu!

Come on with it.
Katakanlah.

What’s come over you?
Apa yang terjadi padamu?

Will come to know good end.
Akan tidak baik baginya.

That wasn’t the case.
Nyatanya tidak begitu.

Such being the case.
Jika demikian halnya.

It’s often the case.
Itu sering terjadi.

In every case.
Dalam segala hal.

Central of attraction.
Pusat perhatian.

Certain not!
Tidak bisa!

Have you gone mad?
Kamu gilakah?

It’s ur deal
Sekarang giliranmu

Dammit! / damn it!
Brengsek

Please, gimme an early reply.
Jawab aku cepat!

That’s different matter
Itu masalah yang lain.

can of worms
 tindakan yang akan mengakibatkan masalah.

“cat got your tongue?”
 kenapa kau diam, bicaralah?

kale
daun kol

wuss/coward
pengecut

bit of a tosser
rada idiot (bristish)

passing the buck
melempar tanggung jawab ke orang lain.

cop a plea
menyerahkan diri ke polisi agar hukuman bisa lebih ringan .

fork out my money over this stuff
menggunakan uang utk hal yg kita tidak inginkan ...

shell out money
mengeluarkan/menghabiskan uang yang banyak.

flipped him off / flipped him a bird
mengacungkan jari tengah ke orang .

start the new year with a bang ...
memulai dengan penuh semangat ....

it's a wrap
sudah selesai.

turn down
menolak sesuatu

turn you in to police station
menyerahkanmu ke pihak berwajib ..

pull over
menepi ..

pay off
bayar lunas ...

clean up after the mess
membersihkan sisa sisa yg berantakan ..

pull off
berhasil melakukan tugas...

work around the problem
mengakali problem tsb ...

walk through
ya tau sendiri ya ...

truce
gencatan senjata

daggy
kuno, tidak gaul

the joan
poop (buang air)

come clean
 berterus terang, membuka kebohongan/rahasia, mengaku.

cut like (hot) knife through butter
 memotong sesuatu dengan mudah (seperti pisau panas menembus mentega).

easier said than done
 beribicara lebih mudah daripada mengerjakan, tidak semudah kelihatannya.

fish story
 cerita bohong.

good samaritan
 orang yang murah hati, dermawan.

greek gift
 hadiah yang merugikan si penerima.

“i call shotgun…!”
 duduk di sebelah sopir ketika hendak berpergian dengan mobil. siapa yang lebih cepat mengatakan ini, dialah yang berhak.

jack of all trades
 orang yang serba bisa dalam usaha.

Think over
mempertimbangkan dengan matang

man proposes, god disposes
 manusia punya rencana, tuhan yang menentukan.

mind over matter
 menyatakan kekuatan pikiran (willpower).

more than meets the eye
 sesuatu yang memilik arti lebih daripada yang terlihat mata.

needle in a (hay)stack
 jarum dalam tumpukan jerami, mencari sesuatu yang hampir mustahil.

peeping tom
 orang yang suka mengintip, suka mengamati seseorang.

pep talk
 kata-kata/pembicaraan yang bertujuan untuk menyemangati. misal pelatih memberi “pep talk” ketika timnya sedang tertinggal dari lawan.

piece of cake/easy as pie
 pekerjaan yang sangat mudah, pie adalah istilah slang amerika untuk “gampang”.

let’s face it
mari kita akui!

Behind you
Setelah kamu

Is that a fact?
Benarkah itu?

What eating her?
Apa yang mengganggu pikiranmu?

Fair enough
Boleh juga

How do you expect?
Bagaimana menurutmu?

I will fix you
Nanti saya balas

Fix in mind
Camkan baik-baik

This goes far to prove that…
Hal ini jelas membuktikan bahwa…

As far as know
Sepanjang yang saya ketahui

To get on feet
Punya firasat

Final decision
Keputusan terakhir

Make a guess!
Coba tebak!

A tender age
Masalah kecil

It has it’s use
Adabaiknya

Cut to comedy
Jangan bergurau

Take it or leave it
Jadi atau tidak

Stick around
Jangan kemana-mana

Up to this moment
Sampai saat ini

The days go by fast
Waktu berlalu dengan cepat

In reference to
Sehubungan dengan

In response to
Sebagai tanggapan

Last but not least
Yang tak kalah pentingnya

Isn’t that so
Tidak begitu

Jolly along
Jaga kekompakan

Have a good meal
Selamat makan

May I be excused
Bolehkah saya tidak ikut?

Help one’s self
Ambil sendiri

Don’t take it personal
Jangan diambil hati

Live it up!
Berbahagialah!

Don’t always break the rules
Jangan selalu melanggar peraturan

Many happy returns of the day
Semoga panjang umur

Is there much water?
Masih adakah air?

No matter what, if that’s you!
Tidak peduli apa, jika itu kamu

Don’t insult one another
Jangan saling menghina

No slipper brought into the room
Jangan memakai sandal masuk kekamar.

No entering for the guest into the hostel
Tamu dilarang masuk

I’m shy to do so
Saya malu melakukannya.

raincheck
 menunda sesuatu, menjadwalkan ulang, atau menghindari pertemuan secara halus.
contoh: a: “will you have lunch with me?” b:”i think i’m gonna have a raincheck” (bisa berarti kita makan siang bersama lain kali saja atau menolak secara halus).

saved by the bell
 selamat dari bahaya atau situasi buruk yang hampir saja terjadi (nyaris).

scapegoat
 kambing hitam. orang yang disalahkan atas segala sesuatu yang terjadi.

“take a hike”
 mengusir seseorang.
contoh: “why don’t you take a hike or something”

take for granted
 sesuatu yang tidak dihargai, karena dianggap sudah selayaknya didapat.

after all
pada akhirnya

all of sudden, a little girl ran in front of the truck
tanpa diduga-duga, seorang gadis kecil berlari di depan truk itu.

don’t touch it at all!
jangan menyentuhnya sama-sekali!

at this point
pada saat ini, sekarang ini

i’m about to wash the plate
aku akan mencuci piring

bite off more than one can chew.
mengerjakan terlalu banyak /menerima tanggung jawab lebih daripada yang bisa dia mampu kerjakan.
i will be better off after taking a rest.
aku akan dalam keadaan baik setelah beristirahat.

i’ve bought several books and now i’m broke.
aku telah membeli beberapa buku dan sekarang saya bokek (tidak punya duit).

i am in charge of this class.
saya bertanggung jawab atas kelas ini.

i can’t make ba’wang because we’re out of flour.
saya tidak dapat membuat ba’wang karena kehabisan tepung.

figure something out
memahami/mengerti akan suatu masalah.

he is out of shape because he doesn’t pass his exam.
dia dalam keadaan buruk sebab gagal dalam ujian.

aco’ is to blame for his poor grade. he never studies
aco’ bertanggung jawab atas (keburukan) nilainya yang rendah. dia tidak pernah belajar!

be touch and go
tidak menentu

come from nowhere.
sesuatu yang tidak diketahui asal/penyebabnya dan muncul begitu saja. / 'dari negeri antah berantah'

it will be a long time before she’s up and about
akan cukup lama baginya sebelum aktif kembali (setelah sakit).

it’s up to you.
itu terserah padamu.

he’s used to hot weather
dia terbiasa dengan cuaca panas.

They broke into the door.
mereka masuk dengan mendobrak pintu.

I need to brush up on that book before we exam.
saya perlu mempelajari kembali buku itu sebelum kita ujian.

by heart
dalam hati, dengan menghafalkan

the teacher calls off our examination.
guru membatalkan ujian kami.

i missed two weeks of class. i’ll have to work hard to catch up
saya tidak masuk kelas selama 2 minggu. saya harus bekerja keras supaya tidak ketinggalan.

come up with
menemukan cara, idea tau rencana

count on her
tergantung padanya

aco’ cuts down on eating in restaurants to save money.
aco’ mengurangi porsinya makan di restoran untuk menabung.

 I do my best to finish my work
saya melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan pekerjaanku.

he did it over to be sure
dia melakukannya kembali.

play a/the fool
berpura-pura bodoh atau tidak tahu /bertingkah aneh, lucu, atau jenaka.

be sick and tired
sangat benci atau tidak tahan akan sesuatu.

bent over backwards
berusaha terlalu keras.

being left in the dark
dibiarkan tidak tahu akan masalah yang terjadi /seseorang menyembunyikan sesuatu darinya.

aco’ is spending money like there’s no tomorrow.
aco’ ngabisin duit dengan sangat cepat.

no time like the present.
sekarang adalah waktu yg tepat.

there’s no such thing as a free lunch.
gak ada yang sepenuhnya gratis di dunia ini.

“my mother hasn’t phoned me, but no news is good news.”
ibuku belum menelponku, tetapi kalo gak ada kabar sih biasanya semuanya baik-baik saja.

no strings attached.
tanpa syarat.

“i will never live in the jungle. it’s a no-go areas at night.”
saya tidak akan pernah tinggal di hutan. itu daerah berbahaya pada malam hari.

“she will discover the truth soon. she’s nobody’s fool.”
dia akan menemukan kebenaran dalam waktu dekat, dia tidak gampang dibohongi.

“She is no joke maligning you”
dia benar-benar (serius) menghinamu.

“driving a car is no joke.”
menyetir mobil itu sulit lho!

at the eleventh hour
pada detik-detik terakhir; hampir terlambat

Be all ears
penasaran ingin mendengar apa yang telah dikatakan orang

be on the road
sedang bepergian

beat around the bush
menghindari sebuah isu; tidak suka ditanya-tanya

break a leg!
semoga berhasil! (good luck!)

burn the midnight oil
belajar/bekerja sepanjang malam sampai subuh

can’t make heads or tails of something
tidak dapat mengerti sesuatu sama sekali, menganggap sesuatu membingungkan dan tidak logis.

an eager beaver
orang yang selalu mau jadi relawan atau melakukan pekerjaan tambahan

Get a kick out of something
merasa lucu dengan sesuatu

give someone a hand
membantu seseorang

Hit the books
belajar

keep one’s chin up
tetap berani dan percaya diri dalam situasi yang sulit; jangan putus asa atau khawatir terlalu banyak.

Low blow
kecewa berat

Make a mountain out of a molehill
melebih-lebihkan sebuah masalah

not on your life!
sama sekali tidak!

over my head
terlalu sulit atau rumit untuk dimengerti

can you explain in a simple way?
dapatkah kau menjelaskannya dengan lebih sederhana?

pay the piper
tanggung akibat dari perbuatan sendiri

You don't seem to know
Tampaknya kau tak tahu

There's nothing where he used to lie
Dulu dia tak pernah berbohong

Our conversation has run dry
Percakapan kita kini jadi garing

I'm all out of faith
Aku tak lagi percaya

This is how I feel
Inilah yang kurasa

I'm wide awake
Aku terjaga

what was  still there?
apa yang tersisa?

I have no luck
Aku tak punya keberuntungan

I don't miss it all that much
Aku tak terlalu merasa kehilangan

There's just so many things that I can't touch
Ada banyak hal yang bisa kuraih

you're settled down here for a long time
Kau telah menetap di sini cukup lama.

Guess she broke your heart.
Pasti dia menyakitimu.

It ain't like you to hold back
Engkau bukanlah orang yang peragu

I hate to turn up out of the blue
Aku benci harus muncul tiba-tiba

I couldn't stay away
Aku tak bisa diam saja

I couldn't fight it
Aku tak tahan

I'd hoped you'd see my face
Aku berharap kau lihat wajahku

you'd be reminded
 kau kan teringat

That for me
Bahwa bagiku

It isn't over
Semua ini belum usai

I wish nothing but the best for you
Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untukmu

Sometimes it lasts in love
Kadang cinta akan abadi

How the time flies
Betapa waktu cepat berlalu

Only yesterday
Baru kemarin

Nothing compares
Tak ada yang sepadan

This would taste
Begitulah rasanya

There’s a side to you that I never knew
ada bagian dari dirimu yang tak pernah kutahu

Miles away from those I love
Jauh dari orang-orang yang kucinta

Purpose hard to find
terasa sulit tuk temukan tujuan

While I recall all the words you spoke to me
Saat kuingat semua kata-katamu kepadaku

Can't help but wish that I was there
Sangat ingin kuberada di sana

we have gone through good and bad times
 kita tlah melalui suka dan duka bersama

Seize the day
Manfaatkan waktu

Regretting the time you lost
Menyesali waktu yang hilang

Too many people to ache over
Terlalu banyak orang yang harus dipikirkan

I feel my memories fade with time
Kurasakan kenanganku memudar seiring waktu

Now please just stay for a while
Kini tinggallah sebentar saja

I can move on with you around
Aku bisa bertahan bersamamu

I can't tell you what it really is, I can only tell you what it feels like
Tak bisa kukatakan padamu yang sebenarnya, Yang bisa kukatakan hanyalah seperti apa rasanya

Used to get 'em
Kalian dulu biasa begitu

Would it make you feel better?
Akankah membuatmu merasa senang?

after all this time.
sampai saat ini.

Looks like we made it
Sepertinya kita telah berhasil

We mighta took the long way
Kita mungkin menempuh jalan panjang

We knew we'd get there someday
Kita tahu kita kan sampai di sana suatu saat nanti

 "I bet they'll never make it"
 "Aku bertaruh (yakin) mereka takkan berhasil"

You're still the one I run to
Kau masih satu-satunya tempatku mengadu (curhat)

The one that I belong to
Satu-satunya yang kumiliki

hey, come near a little closer
hey, sini mendekatlah!

Make it clear
Biar jelas semuanya

I Wanna know just how you feel
Ku ingin tahu bagaimana perasaanmu

Would you hold it against me?
Akankah kau berpikir macam-macam tentangku?

 I need a vacation tonight
 malam ini aku butuh liburan

you might be little hazy
Mungkin kau sedikit mabuk

it just cannot be denied
itu tak bisa disangkal.

I notice that you got it
Kulihat kau memilikinya

I can’t take it anymore
Aku tak tahan lagi

If you feel it, let it happened
Jika kau merasakannya, biarkan begitu

Just spit it out
Keluarkanlah!

I'm dying for company
aku sangat butuh teman

"All aboard"
"Semua penumpang diharap naik"

you are sent from above to me
Kau dikirim tuhan untukku

I’m not that innocent
Aku tak sebaik itu

I lie awake
Ku terjaga

She's lost in peaceful dreams
Dia terbuai dalam mimpinya yang damai

I turn out the lights
kupadamkan lampunya.

this thing crosses my mind
hal ini terlintas di pikiranku

Gonna be enough to last
Akan terus abadi

If tomorrow never comes
Jika tak ada hari esok

The rain is blowing in your hair
hujan membasahi rambutmu

it is on your case
itu adalah kesalahanmu.

Dry your tears
usap air matamu

have you made your mind up?
sudah kau putuskan?

 I would never do you wrong
aku takkan pernah salah memilihmu

I've known it from the moment that we met
Aku tahu sejak kita jumpa

during fasting, I'd go hungry
selama berpuasa, Aku rela menahan lapar.

crawling down the avenue
merayap di jalan

there's nothing that I wouldn't do
Semua rela kulakukan

You ain't seen nothing like me yet
Kau belum melihat yang sepertiku (susah loh melihat orang yg sepertiku)

God only knows what we did.
Hanya Tuhan yang tahu apa yang kita telah lakukan.

All that I say, you always say more,
Tiap kali kubicara, bicaramu selalu lebih banyak

Under your thumb, I can't breathe,
Di bawah kendalimu, aku tak berdaya

 please, just desert me!
tolong tinggalkan saya!

As hard as you try, no, I will never be knocked down,
Seberat apapun kau mencoba, aku takkan pernah kalah

Next time I'll be braver,
Lain kali aku akan lebih berani

you have to be your own savior,
kau harus selamatkan dirimu sendiri.

I’m learning to Stand on my own two feet,
saya sedang belajar untuk mandiri.

Who wants to be right as rain
Siapa yang ingin hidup tanpa masalah?

It's harder when your on top
Hidup akan lebih berat saat kau berada di atas

my hard work don't pay off
kerja kerasku tak membuahkan hasil

As far as I'm concerned
Begitu menurutku

wipe that dirty smile off
hapuslah senyuman palsu itu

don’t be making up
jangan bersandiwara

You give up everything you are
Kau berikan segalanya

it will never hurt as much as it did then
ini takkan semenyakitkan seperti waktu itu

Please forgive me for my sins
Maafkan dosa-dosaku

You know my heart more than I do
Kau lebih memahamiku daripada orang lain

the miles between us
Jarak memisahkan kita

you left me speechless
kau telah membuatku diam seribu bahasa

I put my hands up
Aku pasrah

I'll do everything different
Aku kan berubah

I’ll drop off your money tomorrow
Saya akan menitipkan uangmu besok

Even so
akan tetapi, meskipun begitu

Every other
setiap jengkal

Fall behind
ketinggalan, telat akan

Find fault with
Mengkritik

Find out
mempelajari, mendalami

Foot the bill
membayar

From now on
untuk saat ini dan seterusnya

Get along with
mempunyai hubungan baik dengan

Get away with
bersalah dan tidak ditahan akan

Get in touch with
berkomunikasi, menelepon

Get lost
tersesat

Get over
sembuh dari

Get rid of
menyelesaikan

Get together
bersama-sama, bertemu

Go Dutch
situasi dimana setiap orang membayar makanannya sendiri

Go to pieces
kehilangan kendali

Had better
seharusnya

Have on
mengenakan, memakai

Hold up
merampok menggunakan senjata

In the long run
pada akhirnya

You should better in time.
kamu sebaiknya tepat waktu.

He keeps an eye on you.
dia mengawasimu

I’ll Keep you company
Saya akan menemanimu.

Let go of
melepaskan

Don’t Let me down
jangan mengecewakan aku.

Let me let you know
sini saya beri tahu.

Look forward to
berencana

Lose one’s temper
sangat marah

Make ends meet
mempunyai banyak duit untuk hidup

Make friends
menjadi teman

Make fun of
bercanda, menertawakan

it doesn’t Make any sense.
Itu tidak masuk akal.

Make up
menjadi teman kembali setelah bertengkar, balikan

don’t Make up your mind before thinking it over!
Jangan memutuskan sebelum memikirkannya lagi!

Mix up
membuat bingung

No wonder
tidak mengherankan bahwa

I like to watch TRANS TV, TRANS 7, not to mention Global Tv.
Saya suka nonton TRANS TV, TRANS 7, juga Global Tv.

On purpose
dengan sengaja

On second thought , I won’t buy this book.
setelah dipikir-pikir kembali, saya tidak akan membeli buku ini.

Out of one’s way
jauh dari

Pick up
membawa, mengevakuasi

I have to put off buying the books until I have more money
Saya harus menunda membeli buku-buku itu sampai saya memiliki uang lebih.

Quite a bit of/ Quite a few
There were quite a few people at the reception
ada banyak orang pada saat resepsi.

I couldn’t go home Right away; I had to wait the holiday.
Saya tidak bisa pulang dengan segera (seketika). Saya harus menunggu libur.

I ran into an old friend on the car this morning
Saya kebetulan ketemu seorang teman lama di mobil pagi tadi.

See eye to eye
setuju

Show up
sampai, muncul

Sleep on
menunda, menunggu hari berikutnya

Stand out
terkenal dengan

Take advantage of
memanfaatkan

she takes after her mother
dia mirip ibunya.

Take one’s time
melakukan dengan pelan

New year always takes place in January
Tahun baru selalu terjadi di januari.

Take turns
ganti giliran

I can’t tell their things apart
Saya tidak dapat mengetahui perbedaan mereka.

You should try on shoes before you buy them
Kamu harus mencoba sepatunya sebelum membelinya.

That’s my floor
Saya turun disini

Stop acting like a country bumpkin
Jangan kampungan dech!

What’s bring do you come here?
Tumben kamu kesini?

U r party poover
Kamu perusak suasana

Don’t I know you from somewhere?
Kayaknya kenal dech!

Mucus
Tai mata

Not for love nor money
Tidak mau apapun imbalannya

Not so prodigal
Jangan terlalu boros

Take your time
Tak usah tergesa-gesa

Easy doing!
Cuek aja!

Rob peter to pay paul
Gali lobang tutup lobang

Monkey bussiness
Penipu

Dress like a peacock
Berpakaina penuh warna

Just play it cool!
Santailah!

To and pro
Maju mundur

On the pack and mick
Tidak kuliah karena sakit

Cold fish
Gagal total

Lick your lips
Jaga bahasamu

Make a pay
Cari-cari muka

I stuck with you
Bosan

Do what it is
Hadapi apa adanya

Build castle in the air
Mimpi di siang bolong

That’s affection on her part
Dia hanya berpura-pura saja

Drive a hard bargain
Tawar menawar terus

Eaves drop on
Menguping

Keep at arm’s length
Menjauhkan diri

Lay it on thick
Membrikan pujian yang berlebih-lebihan

To leave over
Menunda

To go along
Setuju

To make away with
Mencuri/membawa lari

Keep someone wide awake
Membuat seseorang terbangun

Make fun of
Menertawakan

Over and over
Berulang kali

Take it as granted
Terimalah apa adanya

He is blabbermouth
Dai banyak bicara

Keep your shirts on
Bersabarlah sebentar lagi

It must be dense
Aku pasti tolol sekali

In the interest of saving time
Untuk menghemat waktu

I always get second class treatment
Saya selalu di anak tirikan

I have no zest for life
Saya tidak punya gairah untuk hidup

Buy one get two free
Beli satu gatis Satu

Take a big mirror
Ngaca dulu dong!

Saving is having
Hemat pangkal kaya

Just show so!
Biasa aja

Small change
Uang kembalian

Seeing is believing
Lihat dulu baru percaya

Have some more/add some more
Ayo Tambah (makan)

In broad daylight
Siang bolong

Hiding to nothing
Lari dari kenyataan

How odd?
Tumben?

Honest truth
Sejujurnya

Hold the baby
Tanggung jawab donk!

Hold your tongue!
Diam!

Keep the change
Ambil kembaliannya

Bull-headed
Keras kepala

Clear the way!
Minggir!

My pleasure
Dengan senang hati

Move a little bit!
Geser sedikit

Cheer up!
Tenang saja!

Cry baby
Orang cengeng

Dirty dog
Orang yang tidak bisa dipercaya

You are always something
Kau ada-ada saja
Take credit for
Bertanggung jawab akan

Ahead of time
Datang awal

She is sharp
Dia pintar

Where there is a will there is a way
Dimana ada kemauan disitu ada jalan

All roads ride rome
Banyak jalan menuju roma

Trial and error
Coba-coba

Remove area
Area terpencil

Horse about
Mempermainkan

Odd ball
Orang yang aneh kelakuannya

Chary of
Berhati-hati

In a word
Singkat kata

In buff
Telanjang bulat

Keep in with
Tetap bersahabat

In all probability
Barangkali

Cap off
Mengakhiri

Hurry gurly
Keributan

Low tide
Surut

Hurry scary
Kacau balau

Dock off
Memotong

Summon up
Menggerakan

Under arrest
Tertangkap polisi

Float off
Hanyut

Heave up
Muntah

Nut cricket
Tidak patut

Fate willed it otherwise
Nasi berkehendak lain

I feel writched
Saya tidak enak badan

What are you smiling at?
Kamu senyum-senyum kenapa?

Rise and shine!
Bangun dan bersemangatlah!

How strange to see you clean up your room
Tumben kamu bersih-bersih kamar

Don’t keep your mouth shut
Jangan diam saja

What are you trying to say?
Apa maksudmu?

Don’t worry i’ll bounce back even harder.
Jangan khawatir aku akan segera bangkit dan bersemangat lagi.

Now, I perfectly understand that we should never rely on somebody else.
Sekarang aku benar-benar mengerti bahwa kita tidak mengandalkan orang lain

Not on your life!
Tidak mungkin!

Skip it
Lupakan saja

That’s my man
Itu baru jagoanku

Cut the Gordian knot
Menagambil jalan pintas

Achilles’ hill
Titik lemah seseorang
Can up worms
Tindakan yang menyebabkan masalah

Easier said than done
Lebih mudah mengatakan daripada mengerjakan

Beat around the bush
Menghindari isu

An eager beaver
Relawan

Make a mountain out of a molehill
Melebih-lebihkan sesuatu

Play someone dirt
Menipu sesesorang

Play the fool
Berlagak bodoh

Shoot off one’s mouth
Berbicara dengan semaunya

You may not tell the trick of the family to other
Kamu tidak boleh mengatakan rahasia keluarga kepada orang lain

You up to one’s ears in debt
Kamu mempunyai banyak hutang

I’m glad they are up and doing
Saya senang mereka giat bekerja

His word ups a tree me
Perkataannya membuat saya bingung

Run the eye over
Membaca dengan cepat

I’m in the very nick of time
Saya hampir terlambat

Clip somebody wings
Pengaruh dari seseorang

Ready money
Uang kontan

Down payment
Uang muka

Eagle day
Tanggal muda

Four eyes
Orang yang berkacamata

Take law
Main hakim sendiri

Gimme a buzz
Telepon aku

You’re smart a lect
Sok tahu lho!

It’s a chinch
Itukan gampang sekali

Heart baker
Mata keranjang

The late of...
Almarhumah

For a change
Tidak seperti biasanya

Be fed up with
Bosan dan muak

Play to gallery
Mencoba menarik perhatian

Flimflam
Menipu

Dishcloth
Kain untuk mencuci piring

Queasy
Mual / muntah

To be sure
Jangan lupa

Who’s afraid anyway?
Siapa takut?

At the door
Diambang pintu

There is time for joking
Ada waktunya bermain-main

No more tears honey!
Jangan nangis lagi yah!

Knock it off
Udah hentikan

Stop bitching!
Berhentilah mengomel

Cut that crab
Hentikan ocehanmu

Peas off
Marah-marah

Nice but no thanks
Kayaknya menyenangkan, tapi nggak deh
Makasih

It happened a lot
Itu sudah biasa

What took you so long?
Kenapa lama banget?

Go out and have some fun
Keluar dan bersenanglah!

Have one’s head in the cloud
Berkhayal

Have it off
Main serong

Take one’s own life
Bunuh diri

Lay down the law
Diktator

Lay heads together
Berunding bersama

Lay egg
Bertelur

Lose sight off
Kehilangan jejak

Shoulder to shoulder
Bahu membahu

Draw the sword
Memulai peperangan

Get off the on the wrong foot
Membuat kesan pertama yang tidak baik.

Drown one's trouble
Melupakan kesulitan

 Dry behind the ears
Belum berpengalaman.

Easy come, easy go!
Mudah di dapat , mudah lenyap

Easy does it!
Hati-hati mengerjakannya, jangan cepat-cepat!

Eat one's heart out
Merana/sedih sekali

Eat one's word
Menjilat kata-kata sendiri

Play the field
Berganti pacar

Bear a cross
Menahan susah

For a real
Yang benar nich

He's not that bad
Dia nggak jelek-jelek amat

Too rush
Terlalu terburu-buru

Get along so well
Akur

Hot spot
Tempat menarik

Skeleton in the closet
Rahasia buruk masa lalu

Accurate in
Tepat dalam

Adequate to
Mampu untuk

Anxious about
Cemas akan

Dependent upon
Bergantung kepada

Enchanted with
Terpesona dengan

Exciting to
Menggairahkan

Impatient to
Tidak sabar untuk

Reluctant to
Enggan untuk


Division of
Pembagian

Cross out
Mencoret

Wiliesting
Paling pintar

Blandly
Lemah lembut

I laugh my head off
Tertawa dengan keras

I laughed it off
Berpura-pura tidak mengganggu

I burst out laughing
Tertawa dengan keras secara tiba-tiba

Stay well!
Hati-hati!

Quack
Orang gila

Con artist
Penipu

Overthingking
Ratu lebay

I got hit by rain
Aku kehujanan

I’m going off first
Aku pergi duluan

Why are you butting in?
Kenapa kamu ikut campur?

Treasure it well!
Ingat baik-baik!